Tips Keselamatan dalam Mengemudi Kendaraan Bermotor

HARGA MOBIL TOYOTA
HARGA MOBIL HONDA
HARGA MOBIL NISSAN
HARGA MOBIL KIA
HARGA MOBIL MAZDA
HARGA MOBIL DAIHATSU
HARGA MOBIL SUZUKI
HARGA MOBIL MITSUBISHI
HARGA MOBIL BMW
HARGA MOBIL HYUNDAI
HARGA MOBIL CHEVROLET
HARGA MOBIL AUDI
HARGA MOTOR YAMAHA
HARGA MOTOR HONDA
HARGA MOTOR SUZUKI
HARGA MOTOR KAWASAKI
HARGA MOTOR VIAR
HARGA MOTOR VESPA
Mengemudi merupakan suatu kegiatan atau aktivitas multi tasking. Kegiatan ini berhubungan erat dengan jalan raya. Jalan raya nyaris dipenuhi oleh berbagai tipe orang seperti anak-anak, orang gila, orang buta, orang yang sedang mengalami stres, orang mabuk dan lainnya. Oleh karena itu, keselamatan dalam mengemudi sangatlah penting.

Tips Keselamatan dalam Mengemudi Kendaraan Bermotor

Menurut Jusri Pulubuhu dari JDCC (Jakarta Defensive Driving Consulting), fokus dan mengerti adalah 2 hal penting dan utama dalam keselamatan mengemudi di jalan raya.

Tips Mengemudi dengan Selamat


1. Fokus

Usahakan fokus dalam mengemudi. Bagaimana agar bisa fokus?
Sebelum pergi / berangkat, cek kondisi kendaraan dan pastikan semuanya layak jalan. Kendaraan yang layak jalan akan membuat perjalanan menjadi lebih aman, nyaman dan pengemudi tidak mengalami stres.

Selain kondisi kendaraan, perhatikan kondisi mental pengemudi. Usahakan jika memiliki masalah baik itu mental maupun fisik, saat berkendara sebaiknya tinggalkan masalah tersebut terlebih dahulu. Masalah mental / psikis seperti masalah pekerjaan, keuangan, keluarga. Masalah fisik seperti keseleo, sakit, dan lainnya. Ketika masalah tersebut dibawa saat mengoperasikan kendaraan bermotor, maka dipastikan kualitas fokus dalam mengemudi akan berkurang. Hal tersebut bisa berbahaya jika di jalan raya.

Fokuslah dalam mengemudi dan hindarilah hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi.

Baca Juga : Penampakan Mobil Audi A4 Terbaru

2. Mengerti

Selain fokus, mengerti merupakan hal penting lainnya. Ciri-ciri mengerti adalah tidak melakukan manuver mendadak, tidak mengerem mendadak, tidak kaget atas kejadian yang ada di depannya, pergerakannya halus dan penumpang merasa nyaman saat dikemudikan si pengemudi.

Pada mengemudi defensive, mengerti merupakan suatu tindakan antisipatif. Saat indera mata melihat sesuatu, maka pahamilah objek tersebut. Misalkan mata melihat anak kecil berada di bahu jalan 50 meter di depan, maka si pengemudi harus memahami bahwa anak kecil tersebut dapat bergerak dengan seketika tanpa berpikir panjang, bahkan menyeberang melintasi jalan tanpa berpikir hal buruk bisa terjadi kepada dirinya.

Tertiblah berlalu lintas sehingga keselamatan dapat terjadi.


Itulah beberapa tips keselamatan dalam mengemudi kendaraan bermotor ketika Anda berada di jalan raya.
Tips Keselamatan dalam Mengemudi Kendaraan Bermotor Tips Keselamatan dalam Mengemudi Kendaraan Bermotor Reviewed by Fadli Firmansyah on 05.49 Rating: 5

Tidak ada komentar: